Minggu, 11 November 2007

sekilas tentang ilmu TASAWUF

ilmu Tasawuf juga termasuk ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap pribadi muslim . tasawuf berasal dari kata As Safa yang berarti bersih , yang berarti ilmu ini adalah untuk menjaga amal ibadah yang kita lakukan agar terjaqa tidak terbuang . dalam mempelajari tasawuf ini ada tingkatan yang akan kita pelajari :

1. Takhalli yaitu membuang sifat - sifat yang tercela seperti ghibah, dengki, mengumpat, iri, ria, ujub, takabbur dan Sifat yang tercela lainnya.

2. Tahalli yaitu menghiasi dengan sifat - sifat yang terpuji, misalnya jujur. amanah,tablig, dan fatanah ,rendah diri, rendah hati, ikhlas, zuhud, wara'k, sabar,

3. tajalli, yakni limpahan rahmat dari ilahi........setelah hamba menghiasi diri dengan sifat yang terpuji dan mengamalkan ilmu yang wajib dan sunnat. maka hamba tersebut akan mendapat limpahan rahmat dan nur dari ilahi. tajalli tidak bisa dijelaskan dengan untaian kata - kata, yang dapat memahaminya yaitu orang yang mengalaminya (tajalli). tingkatan tajali ada 3 yaitu : tajalli asma, tajalli af'al, dan tajalli zat.

6 komentar:

Sekilas Biografi BIMTEK III mengatakan...

SAYA TELAH MEMBACA ARTIKEL INI DAN SAYA RASA INI CUKUP BAIK

SELAMAT DATANG DI WEB IKHWAL ZAINI mengatakan...

saya ingin saudara bisa lebih banyak lagi menceritakan tentang perkembangan Islam di dunia

SELAMAT DATANG DI SMAPN. 2 SEUNUDDON mengatakan...

Ilmu Tauhid bertujuan untuk memantapkan keyakinan dan kepercayaan agama melalui akal pikiran, di samping kemantapan hati, yang didasarkan pada wahyu. Selain itu, ilmu tahuid juga digunakan untuk membela kepercayaan dan keimanan dengan menghilangkan bermacam-macam keraguan yang mungkin masih melekat atau sengaja dilekatkan oleh lawan-lawan kepercayaan itu. Dengan kata lain, ilmu tauhid bertujuan untuk mengangkat kepercayaan seseorang dari lembah taklid ke puncak keyakinan. Itulah sebabnya ilmu tauhid dianggap sebagai “induk ilmu-ilmu agama”.

nazariah mengatakan...

saya sudah membaca tentang ilmu tauhid, memurut saya artikel anda sangat baik dan bagus

Bag Adm Pembangunan Setdakab Aceh Utara mengatakan...

Bila ingin mempelajari ilmu Tasawuf, apakah bisa dilakukan sendiri dengan merujuk kepada Al-Qur'an dan hadist Rasullullah dengan bantuan/bimbingan ustad, kalau tidak bisa, saya ingin mengetahui alamat/tempat dimana ilmu tasawuf dapat kita pelajari dengan benar dan jelas khusus di dalam kota Lhokseumawe

casper mengatakan...

Tentang tajali.
Orang yang Tajali ialah orang yang mendapat jalan dan petunjuk dari ALLAH SWT,dan orang yang di berikan rahmad dan hidayah oleh ALLAH SWT.
Apakah semua orang yang tajali mendapat rahmad dari ALLAH?
saya belum mengerti tentang Tajali Zat?
dan saya belum mengerti tentang qhibah?

Note :
Neupeumeu'ah lon beurayek thaht karena lon ingin thaht-that beujeut lon teupeu tentang masalahnyo.
wslm by hamba la'eh.